Menghadapi 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Selamat malam sahabat, malam ini aku akan sharing-sharing tentang islam nih khususnya membahas bagaimana sih menghadapi 10 hari awal di bulan dzulhijjah. Baik kita akan bahas itu di artikel ini, alhamdulillah ya, mulai hari ini insyaAllah sudah memasuki bulan dzulhijjah, terus apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi bulan dzulhijjah ini?

Bulan Dzulhijjah


Dari Imam Muslim meriwayatkan, Rosulullah shallallahu'alaihi wa salam bersabda, "Tidak ada satupun hari-hari yang amalan shalihnya lebih dicintai dari pada hari ini (10 hari awal bulan dzulhijjah)"

Sahabat bertanya, "walaupun jihad fii sabilillah ya Rosulullah?"
Rosullullah bersabda, "Ya, walaupun jihad fii sabilillah, kecuali orang yang pergi berjihad di pagi hari dan membawa harta dan jiwanya dan dia kembali tidak membawa apa-apa"

Dari hadits diatas, maka janganlah kita sia-siakan amalan di bulan dzulhijjah ini, karena pahalanya melebihi jihad fii sabilillah. kemudian, amalan-amalan apa saja yang sebaiknya kita kerjakan di 10 hari pertama di bulan dzuhijjah ini?

Berikut merupakan amalan-amalan yang bisa kita kerjakan di 10 hari pertama bukan dzulhijjah :

Pertama
Perbanyaklah Dzikrullah
Karena dzikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala merupakan amalan yang sehari-hari kita diperintahkan untuk melakukannya.

Kedua
Perbanyaklah Berpuasa
Menurut sebagian ulama, tanggal 9 dzulhijjah saja atau sering kita menyebutnya puasa 'arafah. 
Hadits riwayat 'Aisyah radhiyallahu'anha,
"Aku tidak pernah melihat Rosulullah shallallahu'alaihi wa salam berpuasa di 10 hari bulan dzulhijjah sama sekali" (HR. Muslim no.1176) .

Hadits dari ummu salamah "Aku pernah melihat Rosul berpuasa di 10 hari bulan dzulhijjah"

Dan kaidah mengatakan : yang menetapkan didahulukan dari pada meniadakan, inilah yang lebih tepat.

Rosulullah shallallahu'alaihi wa salam bersabda
"Puasa hari Arafah menggugurkan dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang (HR Muslim)"

Merujuk dari hadits tersebut maka berpuasa arafah merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rosulullah, dikarenakan pahala dari puasa arafah tersebut adalah bisa menggugurkan dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang. 

Ketiga
Berudhiyah (Berkurban)
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya, "maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah" (Q.s. Al Kautsar: 2).

Ibadah berkurban atau menyembelih hewan kurban adalah ibadah yang agung, Allah berfirman yang artinya, "katakanlah: Sesungguhnya sholatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam"(Q.s. Al- An'am:162)
 
Berkurban merupakan anjuran bagi orang yang sudah mampu, merujuk dari firman Allah di surat al kautsar dan al an'am diatas maka berkurban ini wajib bagi yang sudah mampu.
Keempat
Shadaqah
Pernah kita ketahui, bahwa beramal shalih di waktu yang mulia dilipat gandakan. Shadaqah yang sedikit jangan dianggap remeh, Ada hadits yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim :
 "Apabila seorang bershodaqoh sebiji kurma dari usaha yang halal. Allah terima dengan tangan kananNya dan Allah kembangbiakkan. Sebagaimana orang diantara kalian mengembangbiakkan kudanya. Sampaikan infaq yang sedemikian sebesar gunung."(HR. Bukhari dan Muslim)

Kelima
Memperbanyak shalat sunnah
Karena sebaik-baik amal adalah sholat, perbanyaklah sholat sunnah di  10 awal hari bulan dzulhijjah seperti sholat tahajud, rawatib, dhuha dan sholat sunnah ied adha.

Setiap kita berlomba-lomba untuk mendapatkan keutamaan yang besar ini, dikatakan 10 hari awal bulan dzulhijjah lebih utama daripada bulan ramadhan dikarenakan Allah bersumpah dengannya,

"Demi waktu fajar. Dan demi malam yang sepuluh (Q.s. Al fajr: 1-2)"

Sebagian ulama tafsir mengatakan, maksud 10 malam adalah 10 awal buan dzulhijjah yang demikian agungnya. Sudah merupakan kesempatan untuk kita untuk beramal shalih.
Mari, kita berusaha meniatkan dari sekarang untuk berlomba-lomba dalam beramal shalih di 10 hari awal bulan dzulhijjah.

Semoga di 10 awal bulan dzulhijjah kita bisa benar-benar beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala

sumber : 
Al-Qur'an
Ustadz Badrussalam, Lc hafizhahullahu ta'ala "Keutamaan 10 hari  Awal Bulan Dzulhijjah" 

TIM donasi dakwah YPIA (Yayasan Pendididkan Islam Al Atsari) Yogyakarta

Demikian artikel tentang menghadapi 10 hari awal bulan dzulhijjah, segala kekurangan itu datang nya dari saya pribadi, saya mendapatkan semua ini dari grup dari odalf, tidak ada niatan apa-apa dari saya, saya hanya ingin berbagi bagi semuanya. semoga ada manfaatnya. Jika ada baiknya silahkan di ambil baiknya, jika banyak salahnya silahkan tinggalkan saja. Allah dan Rosulnya terlepas dari semua kesalahan saya. Wallahua'lam
Menghadapi 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah Menghadapi 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah Reviewed by My Quotes10 on 9:16 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.