Bagaimana cara menjalankan xampp di linux mint

Hay sahabat
Setelah kemarin saya sharing mengenai cara install composer di linux mint saat ini aku sharing sedikit tentang cara membuka xampp di linux mint.
Bagi anda yang belum tahu apa itu xampp, baik aku jelaskan sedikit apa itu xampp.
Xampp adalah singkatan dari X (aplikasi cross platform atau bisa dijalankan di 4 sistem operasi : windows, linux Solaris dan macOS ), Apache, MySql, php dan perl. Xampp merupakan sebuah web service yang mudah digunakan untuk menampilkan sebuah web yang dinamis. Xampp berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP server, MySql database dan phpMyadmin.
sumber : wikipedia ID
Jadi intinya adalah ketika kita ingin membuat sebuah website, dan kita ingin testing website yang sedang kita buat, maka xampp ini sangat berguna jadi kita tidak perlu upload ke hosting, dan perlu di ketahui bahwa xampp ini merupakan local web server, jadi hanya komputer kita yang bisa melihat xampp atau website kita.

Baik kita balik lagi ke topik gimana sih cara menjalankan xampp atau kalau linux biasa mengenal lampp, berikut merupakan tahapan-tahapannya :

Tahapan 1
Buka terminal kamu, bisa ketikkan sortcut ctrl+alt+t

Tahapan 2 
Masuk dengan root, ketikkan kode berikut:  $sudo su kemudian masukkan password anda

Tahapan 3
kemudian ketikkan kode berikut: $/opt/lampp/lampp start

jika berhasil hasilnya akan seperti gambar di bawah yah :

Hasil mejalankan lampp

atau kalian bisa cek dengan membuka phpmyadmin atau localhost di browser anda, hasilnya seperti ini:

membuka localhost di browser
sebelumnya jika belum menginstall xampp di pc kalian mustahil akan menampilkan tampilan ky diatas. So, install dulu xampp yah. mungkin di post selanjutnya saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana instalasi nya.
Demikian artikel mengenai bagaimana cara menjalankan xampp di linux mint. Silahkan dicoba semoga bermanfaat, jika ada kesulitan bisa berkomentar di bawah ya mas, atau bisa lewat facebook kita. Terimakasih
Bagaimana cara menjalankan xampp di linux mint Bagaimana cara menjalankan xampp di linux mint Reviewed by My Quotes10 on 11:02 am Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.