Variable Pada Pemrogramman Java

Hi dab, siang ini kita belajar sedikit pengetahuan tentang coding lagi ya, soalnya aku juga baru belajar tentang pemrogramman java juga nih, biar gak lupa aku catat disini, semoga bermanfaat juga buat kamu yang lagi belajar pemrogramman yah. Sebelum ke topik utama kita cari tahu dulu apa itu bahasa pemrogramman java.

Pengenalan Bahasa Pemrogramman Java

Java merupakan bahasa pemrogramman yang diketahui sudah dipakai sejak tahun 1990-an dan terus dipakai sampai sekarang ini sehingga bahasa ini menjadi cikal bakal pembuatan aplikasi native android. Selain itu java juga jadi pondasi buat bahasa pemrogramman lainnya seperti kotlin,scala, jruby,jython yang memanfaatkan java virtual mechine.

logo java


Untuk mencoba java programming anda memakai berbagai IDE java seperti netbeans, eclipse, intellijIDEA. Java pun memiliki package manager yang mulai booming sejak di aplikasikan di android studio yang bernama gradle. ngomong-ngomong nih guys java ini diberi nama oleh james gosling diambil dari sebuah nama pulau dimana ia berlibur di Indonesia. Bahkan ada beberapa package java yang diambil dari nama daerah di indonesia spt jakarta dan lombok, bolehlah kamu berbangga sedikit sebagai warga negara indonesia hehe.

Baik pemirsa itu tentang pemrogramman java yah, lebih lengkap bisa baca disini yak baca disini yak
Sekarang kita bahas macam-macam variable dalam java

Variable Lokal
Merupakan variable yang dideklarasikan di dalam method atau block. variable ini hanya dapat di pakai didalam method tersebut. Variable ini dibuat ketika method dipanggil dan akan angsung dihapus setelah pemanggilan method selesai. Pada pendeklarasian variable lokal, kita harus menuliskan lengkap mulai dari tipe data, nama variable dan juga nilai awalnya.

Contoh :
public class Coba{
   public static void main(String args[]){
         String pesan = "Hello World";
         System.out.println(pesan);
  }
}

Instance Variable
Merupakan variable yang dideklarasikan di dalam class namun di luar method.  variable jenis ini bergunak ketika kita akan menggunakan variable tersebut untuk beberapa method.
Instance variable dapat dipanggil langsung dengan namanya di dalam class, kecuali method static. pada method main(), variable dapat di panggil melalui objeknya namaObjek.namaVariable.

contoh :
public class Coba {
   String text = "Hello World";
   public static void main (String args[]){
       Coba coba = new Coba();
       System.out.println(coba.text);
   }
}
Class / Static variable
Merupakan variable yang dideklarasikan di dalam class namun di luar method. hampir sama dengan instance variable, class variable dibuat ketika kita ingin menggunakan variable tersebut ke banyak method. Bedanya adalah kita harus menambahkan kata kunci static pada pendeklarasian variable dan kita sebenernya tidak perlu membuat objek untuk memanggil variable static dalam method main. 
class variable dapat dipanggil langsung dalam class dan pada method static dapat dipanggil dengan menuliskan NamaClass.NamaVariable.

contoh :

public class Coba{
   static String text = "Hello World";
   public static void main (String args[]){
       //bisa pake cara ini
       Coba coba = new Coba();
       System.out.println (coba.text);
      // atau pake cara ini
      System.out.println(Coba.text);
   }
}

Nah itu pemirsa hehe jadi variable dalam java ada 3 lokal variable, instance variable dan static variable, lokal itu di deklarasikan di dalam method dan hanya bisa dipake oleh method itu sendiri, sementara instance dan static sama-sama bisa di deklarasikan diluar method dan masih di dalam class, bisa dipake di banyak method bedanya ketika dipake oleh method main() maka instance variable harus buat objek dulu, sementara static tidak perlu, kemudian pada pendeklarasian static variable harus menambahkan kata kunci static pada variable yang dideklarasikan.
Begitulah kira-kira gan macam-macam variable di dalam pemrogramman java, semoga jelas yah, semoga bermanfaat bagi yah bagi anda sekalian.. kalau ada yang kurang jelas bisa comment dibawah atau contact ane di fb twitter dll salam
Variable Pada Pemrogramman Java Variable Pada Pemrogramman Java Reviewed by My Quotes10 on 3:59 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.