Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Di Android Studio

Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Di Android Studio 

Senin, May 14 2018

Screenshoot aplikasi kalkulator sederhana
Siang guys, codelabs kali ini kita akan mencoba membuat aplikasi kalkulator sederhana, yang mana nantinya kita bisa melakukan operasi-operasi matematika pada umumnya, pengurangan, pembagian,perkalian dan penambahan tentunya. Kita akan menggunakan project yang kemarin sudah kita buat, Jika kalian belum tahu gimana caranya buat project di android studio, kalian bisa baca dulu artikel yang kemarin Membuat Project Android Pertama Kali, disana sudah dijelaskan secara detail step by stepnya, bahkan sampai kita bisa running di emulator atau di device kita masing-masing.

Well, kita lanjut ke aplikasi kalkulator, terdapat beberapa langkah untuk membuat aplikasi kalkulator sederhana ini :

Langkah Pertama Persiapan resource

Membuat bg_button.xml di drawable

bg_button.xml ini nantinya digunakan untuk background dari view Button.
Untuk membuatnya silahkan kalian klik kanan pada res > drawable > new drawable resource file > kasih nama bg_button > Klik Ok, seperti gambar di bawah ini :

membuat resource bg_button.xml
Kemudian ketikkan kode seperti dibawah ini


Menambahkan resource di string.xml

Silahkan kalian buka strings.xml di res > values > strings.xml, kemudian ubah kode nya seperti ini :

Menambahkan resource dimens.xml

Silahkan kalian menambahkan resource baru di package values ini, klik kanan pada values > new > values resource file > kasih nama dimens, seperti gambar berikut :

pembuatan resource baru dimens.xml
Jika sudah silahkan ubah kodenya seperti berikut :

Langkah Kedua Layouting

Silahkan kalian klik package app > res > layout > activity_main.xml, seperti pada gambar berikut :

letak activity_main.xml

Jika sudah ketemu layoutnya kemudian silahkan ketikkan kode berikut di dalam file activity_main.xmlnya


jika kita preview maka seharusnya akan muncul seperti ini :

preview activy_main.xml

Langkah Keempat Logic

Pada tahap ini silahkan kalian buka MainActivity.java, pada package app > java > namaPackage(jika ada 3 maka pilih yg pertama) > buka MainActivity.java. Seperti gambar berikut

letak MainActivity.java

Kemudian kalian ubah kodenya seperti ini :


jika sudah sekarang kalian bisa running dengan emulator, jika tidak terjadi error maka akan jalan normal seperti berikut :

Penjelasan Code

implementation View.OnClickListener
Pada kode tersebut menjelaskan bahwa kita mengimplementasi View.onClickListener, disini digunakan untuk menghandle aksi beberapa button nantinya.

deklarasi variable

Sedangkan pada kode diatas merupakan proses deklarasi variable, setiap variable mendeklarasikan view-view yang digunakan pada aplikasi kalkulator ini.
instansiasi Object
Pada kode diatas merupakan proses instansiasi dimana variable ini, mewakili object yang mana sih, misal variable edtBil1 ini mewakili view mana, alamatnya dimana, ternyata dia mewakili view EditText yang mempunyai alamat di edt_bil1.

method validation dan clearField
Pada kode diatas saya membuat 2 method untuk validasi jika edit text bilangan harus ada isinya, jika masih kosong maka akan menampilkan error. Sedangkan method clearField ini digunakan untuk menghapus semua edit text.

membuat method untuk operasi matematika
Pada kode diatas saya membuat 4 method untuk menghandle operasi matematika, method division untuk operasi pembagian, multiplication untuk operasi perkalian sedangkan addition dan substraction untuk operasi penambahan dan pengurangan.
method onclick button
Kode diatas merupakan untuk menghandle aksi ketika suatu button di klik, disini saya pake switch untuk mecari dulu id dari button, misal jika id button btn_addition maka dia akan eksekusi method addition namun sebelum itu kita cek dulu, apakah edit text masih kosong menggunakan method validation.

Woke, aplikasi kalkulator sederhana kita udah selesai nih, apakah kalian pusing? jika ya bisa tanya-tanya di komen dibawah ya. jika butuh kode lengkap silahkan kunjungi link github saya disini Kalkulator-Sederhana silahkan di fork. Thanks yak kita belajar lagi yang lebih seru-seru di tutorial selanjutnya
Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Di Android Studio Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Di Android Studio Reviewed by My Quotes10 on 2:47 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.