Cara Mengatasi Error Gradle's dependency cache may be corrupt pada android studio 3.1.2

Cara Mengatasi Error gradle's dependency cache may be corrupt pada android studio 3.1.2

Selasa, 08 May 2018

sumber gambar : android studio image

Hello guys, lamaaaaa banget gue gk nulis sorry banget yak kemarin aku sibuk nyelesein product soalnya, sekarang sudah release nih di google play meskipun belum stabil productnya tapi ya udah bisalah digunakan doakan semoga semakin bagus ke depan. Jangan lupa download ya guys apps nya di google play ini link apps nya Bukusaku v1.0.0.

Oke kita ke topik artikel ini, saya akan share pengalaman saya yang kemarin baru aja upgrade android studio ke versi 3.1.2 terbaru gitu loh gan, tapi langsung banyak error haha salah satunya ini nih errornya gradle's dependency cache may be corrupt pada android studio 3.1.2 ini nih ss nya

error gradle's dependency cache may be corrupt pada android studio 3.1.2
Parah kan, terus gimana nih cara mengatasinya, nah langsung aja ya gan saya ada beberapa tips dibawah ini semoga bisa solve ya gan soalnya aku abis implementasi dan so far work fine guys.

Cara pertama

Pertama-tama kita menuju websitenya gradle dan download gradle versi 4.4 ajah dulu, kalau versi yang diatas 4.4 juga bisa kynya, kalau saya masih pake yang 4.4 sih. 
Websitenya gradle itu ini nih gradle.org/releases/ versi paling baru itu udah 4.7 ajah yang baru release beberapa minggu lalu gilaak..

Cara kedua

Jika sudah download gradlenya mari kita copy atau cut kemudian paste ke patch .gradle, jika kamu pake os linux mungkin patch ini berada di /home/username_kamu/.gradle/wrapper/dists/, kalau os lain cari aja folder .gradle/wrapper/dists/, kalau udah ketemu paste disitu dan extract gradle yang baru aja di download barusan, kamu bisa delete versi yang lain atau biarin aja juga gk ngaruh sih, serah loh deh

Cara ketiga

Jika sudah di extract gradlenya kemudian saatnya kita config gradle di android studionya, go to file > setting > Build, Execution, Deployment > gradle > use local gradle distribution > cari lokasi gradle wrappernya tadi. Contohnya gini :

gradle config on android studio 3.1.2
Nah jika sudah kamu klik apply atau oke sajah langsung , nanti gradle akan sync lagi secara otomatis, jika kamu masih menemui error dll kamu bisa ke menu build > clean project > sync gradle atau go to file > invalidate cache and restart. Jika masih bingung dengan penjelasan gue diatas, gue share nih video dari youtube tonton dibawah ini yak:



Nah semoga semakin jelas dengan adanya video tsb, soalnya gue juga nonton dari situ selamat mencoba dan semoga berhasil guys. keep fight and comment below hahaha
Cara Mengatasi Error Gradle's dependency cache may be corrupt pada android studio 3.1.2 Cara Mengatasi Error Gradle's dependency cache may be corrupt pada android studio 3.1.2 Reviewed by My Quotes10 on 1:32 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.