Error Install Constraint Layout (Solved)

Error Install Constraint Layout (Solved)

Pagi gaes, pagi ini saya akan sedikit curcol tentang masalah gue pas pingin install component atau sdk untuk constraint layout, jadi untuk sdk constraint layout itu ada 2 yang wajib di install yaitu constraint layout for android dan solver for constraint layout. Seperti gambar dibawah ini.

sdk manager android studio 3.0.1
Biasanya ketika kita mau install sdk kita tinggal ceklist yang akan kita install dan tinggal klik apply aja dan nanti akan ter download. Tapi ketika itu aku nemuin error. Install constraint layout for android 1.0.2 (revision: 1) failed ky gini sob.

error installing sdk constraint layout 1.0.2

Waduh, gimana nih. Sebenernya ini membingungkan juga sih secara gue kan pake android studio 3.0.1 (terbaru) dan secara otomatis layoutnya adalah tipe constraint, meskipun sebenernya tanpa install sdk ini AS gue masih  bisa pake constraint, karena di gradle properties sudah implementation library dari constraint ini bawaan dari AS 3 up. So balik lagi ke error how to solved it?

Langkah Pertama "Baca Errornya"

Yak ini dia baca errornya jangan sampai kamu gk bisa baca error, dan harus orang lain yang baca errornya. Please baca errornya dan pahami nanti kamu pasti dikasih tau harus ngapain, contoh error diatas :
error message > an error acurred during installation bla bla bla
berarti ini terjadi error ketika instalasi sdk tersebut dan di bawa di kasih tau kamu harus ngapain, see IDE log for detail. Berarti kamu disuruh untuk melihat IDE log.

Langkah Kedua "Ikuti Arahan dari Android Studio"

Sudah bisa baca error, yang kedua adalah kita tinggal ikuti aja sugesstion dari IDE kita, tadi kita disuruh lihat IDE log, mari kita lihat log IDE nya. Tapi gimana caranya? 
jika di android studio kamu tinggal ke menu help > show log in file, kemudian nanti kamu akan di arahkan ke log file dari android studio kamu tinggal open dan baca lognya nanti akan ketahuan tuh kenapa bisa error, contoh seperti ini :

Log file Android studio

Nah disitu kan ada error info installing constraint layout failed, ada juga java.nio.file.nosuch exception bla bla bla

Langkah Ketiga "Google"

Karena kamu gak tau maksud errornya itu kenapa termasuk saya, usahakan googling dulu sebelum tanya-tanya ke grup, dari pada di bully sana sini sakit bro. Untuk googling usahakan pake bahasa inggris dan to do point, jngan pake bahasa indonesia apalagi maksudnya gak jelas, kecuali apa yang kamu googling itu berada di indonesia dan atau yang buat orang indonesia, it's okey lah.
Ok kembali ke error, kamu bisa googling seperti ini installing layout constraint failed, pasti yang muncul pertama kali adalah website stackoverflow. yak ini merupakan surganya para programmer semua programmer handal kumpul disini, semua permasalahan dan solvingnya ada disini. Nah langsung ketemu deh ini salah satu threadnya https://stackoverflow.com/questions/43548522/android-constraint-layout-installation/43558836 , salah satu solusi nya adalah "please run android studio in ADMIN mode. and then click install on error log link to install ..." ConstraintLayout for Android 1.0.2 (revision: 1)"  

Langkah Keempat "Eksekusi solusinya"

Kamu tinggal eksekusi aja saran dari doi, please run android studio on admin mode, jika kamu pake windows enak kamu tinggal klik kanan di android studio dan klik run as administrator, kemudian install sdk (gue gk tau ini berhasil atau gk karena gue gk pake windows). Untuk kamu yang pake linux gue punya cara sendiri. cek folder sdk ada permissionnya gk? kalau diliat dari error log tadi kamu harus menuju ke path file sdk di /home/dell(username)/Android/sdk/extras/ dan ternyata folder m2repository terlock (butuh permission) hahaha
Kamu tinggal unlock atau beri akses pake cara biasa klik kanan di path folder tadi dan open in terminal, kemudian ketikkan perintah berikut di terminal. sudo chmod 777 -R m2repository (enter). Sekarang kamu bisa ke android studio dan install kembali sdk constraint layout seperti biasa. Good luck.
Error Install Constraint Layout (Solved) Error Install Constraint Layout (Solved) Reviewed by My Quotes10 on 8:15 am Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.