Kenalan dengan git

Kenalan dengan git

kita akan sedikit kenalan dengan git, apa itu git? gimana cara pake? dan kenapa kita harus pake git?

logo git (sumber gambar : https://git-scm.com/downloads/logos)

Apa itu git ?

Mari kita menuju ke website officialnya git di https://git-scm.com/ disitu dijelaskan ky gini "Git is a free and open source distributed version control system designed to handle everything from small to very large projects with speed and efficiency."
Jadi intinya gini git ini merupakan version control yg terdistribusi berguna untuk menghandle project dari project kecil sampai besar. penting kah pake git, ya penting karena kita bisa kerjakan satu project  secara bareng-bareng (team work) jadi bisa lebih ringan dalam mengerjakan sebuah project.

Apa itu repo ?

ketika kita mainan git kita pasti akan menjumpai yang namanya repository, kita sering bilang repo sih, dalam git ada istilah remote repo dan local repo, apa bedanya? mari kita liat gambar dibawah ini
konsep git (sumber : https://cdn-images-1.medium.com/max/1600/0*UrGOzV44WJtvJXNT.png)

repo disini bisa dibilang merupakan project / sistem yang akan atau sedang kita kerjakan, sedangkan remote repo ini merupakan repo pusat yang berada di server, biasanya kita akan gunakan github atau gitlab sebagai alat untuk menyimpan project kita. local repo merupakan repo yang ada di komputer kita (developer), jika kalian liat ada dua tanda panah antara local repo dan remote repo ini artinya dari repo local bisa mengambil apa yang ada di remote repo dan kita juga bisa mengubah apa yang ada di remote repo, dampaknya adalah local repo 1 bisa tau apa yang diubah oleh local repo 2 atau local repo 3 dan begitu juga sebaliknya. sehingga code nya tidak hanya ada di remote tp di local juga ada inilah yang dinamakan distributed version control.

Instalasi git

kamu bisa langsung aja ke website resminya ke sini https://git-scm.com/downloads kemudian kamu bisa pilih sesuai os yang kamu gunakan ada linux (pake linux aja), ada mac (mac mahal soalnya) dan windows (jangan pake ini lemotnya minta ampun), terserah sih pake apa suka-suka kita aja.
Kemudian tinggal install-install aja, jika di linux kita ceknya pake terminal, ketikkan perintah berikut:
git
cek git di terminal (Linux)
Jika proses instalasinya tidak ada halangan yang berarti ketika kita ketikkan pada terminal kita "sory gue pake linux" maka kita akan bisa liat perintah- perintah yang ada dalam git.

Perintah dasar git

git --version
perintah ini digunakan untuk mengetahui version dari git kita.

git config
untuk konfigurasi git, kita bisa gunakan git config --global user.name "nama user" ( untuk mengganti nama user), git config --global user.email "user email" (untuk mengganti user email)

git init
untuk menambahkan git (inisialisasi) ketika kita buat repo local, pada folder project kamu ketikan perintah ini ketika ingin membuat repo local.

git add
ketika kita menambahkan sebuah file baru bisa menggunakan perintah ini, maksudnya adalah kita akan menambahkan file yang baru kita tambahkan ke area stage.

git commit -m "message"
perintah untuk cek point, memberi note bahwa ini udah di lock, sebelum menggunakan commit pastikan semuanya sudah berada di area stage adapun rule penulisan message adalah [username] describe message

git remote add[remote url]
perintah ini digunakan untuk menambahkan remote pusat kita, apa itu remote url ketika kita gunakan remote repo (github) pasti mempunyai url, untuk mendapatkan remote url ini pastikan kamu buat repo di github atau gitlab atau yang lainnya, kemudian nanti pasti kamu akan menemui remote url, contoh :

ini contoh remote repo baru dari github


nah ini bisa diliat diatas ya, sudah ada langkah-langkahnya ketika kita buat repo baru di github, paling atas adalah remote urlnya bawahnya itu adalah langkah-langkahnya. jadi ketika kita mau pake tinggal ketikkan git remote add https://github.com/bayu1993/contohRepo.git  untuk mengeceknya kita gunakan git remote -v

git push
perintah ini digunakan untuk mengirim perubahan yang ada di repo local kita ke remote repo, jika pertama kali push maka  gunakan perintah git push -u origin master jika kedua kalinya dan seterusnya kita tinggal ketikkan git push aja.

git pull
perintah ini adalah kebalikan dari push, ketika kita mengirimkan perubahan kita pake git push, tp ketika ada perubahan di remote repo kita gunakan git pull. sehingga pull ini adalah perintah untuk mengambil perubahan yang ada di remote repo. Biasanya sering terjadi error ketika kita akan lakukan push karena ada perubahan di remote, sehingga stepnya adalah kita lakukan pull dulu baru push.

git log
perintah ini digunakan untuk melihat log / history git. kita bisa melihat siapa yang commit, berapa commit, kapan commit dll.

dan masih banyak lagi sebenarnya perintah-perintahnya aku ada ebooknya silahkan bisa sedot dan dipelajari yah  https://services.github.com/on-demand/downloads/github-git-cheat-sheet.pdf

Semoga penjelasan diatas sedikit tercerahkan tentang git, kenapa kita harus pake git, gimana pakenya ya, kalau bingung bisa googling aja hahaha

Salam *developer noob..!!

Kenalan dengan git Kenalan dengan git Reviewed by My Quotes10 on 9:08 am Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.