Pengulangan Bersarang Nested Loop Pada Java

Pengulangan Bersarang Nested Loop Pada Java


pengulangan bersarang pada java
Hallo, selamat malam guys, sesuai janji kita kemarin malam ini kita akan membahas tentang perulangan bersarang pada java, atau sering juga disebut dengan nested loop.  Lalu apa itu nested loop? yak benar sekali nested loop atau perulangan bersarang merupkan perulangan yang berada didalam perulangan, jadi di dalam perulangan terdapat perulangan lagi.

Bagaimana? sudah ada bayangan, biar tambah bingung mari kita coba lihat syntax dari nested loop ini, berikut contoh syntax sederhananya


for (int i = 1; i <= 5; i++) {

   // codes inside the body of outer loop

   for (int j = 1; j <=2; j++) {
      // codes inside the body of both outer and inner loop
   }

   // codes inside the body of outer loop
}

Nah itu ya guys, gue jelasin sedikit jadi yang pertama ada for dengan variable i dan untuk for kedua dengan variable j berada di dalam for i tersebut. Kegunaan nested loop untuk apa sih, yak sempet di bahas pada kemarin bahwa nested loop ini sering digunakan untuk menampilkan array multidimensi.

Implementasi Nested Loop Pada Java

Untuk lebih jelas mari kita coba nested loop, seperti biasa tuliskan kode dibawah ini dengan sublime atau notpad++


public class Looping{
 
 public static void main(String[] args){
  for (int i=1; i<=3;i++ ) {
   for (int j=1;j<=4 ;j++ ) {
    System.out.format("Perulangan [i=%d, j=%d] %n", i, j);
   }
  }

 }

}

Yak sederhana memang, kira-kira apa outputnya? yak benar sekali outpunya adalah menampilkan nilai i dan j ya, seperti dibawah ini..


Perulangan [i=1, j=1] 
Perulangan [i=1, j=2] 
Perulangan [i=1, j=3] 
Perulangan [i=1, j=4] 
Perulangan [i=2, j=1] 
Perulangan [i=2, j=2] 
Perulangan [i=2, j=3] 
Perulangan [i=2, j=4] 
Perulangan [i=3, j=1] 
Perulangan [i=3, j=2] 
Perulangan [i=3, j=3] 
Perulangan [i=3, j=4] 

Penjelasan Kode

Itu dia output dari kode diatas, bingung yak kenapa bisa jadi kayak gitu?, baik mari kita bahas bareng-bareng.
Silahkan kamu lihat baris kode yang barusan kamu tulis, kemudian fokuslah dulu pada for yang ada di dalam for i yaitu for j (int j=1;j<=4 ;j++ ), dalam for loop ini yang ada di dalam inilah yang akan di eksekusi dulu sampai habis (kondisi sampai false), lihat lah pada output j selalu bertambah bukan setelah program mencetak nilai i dan j sementara nilai i akan bertambah ketika j sudah di loop semua, lihatlah output baris ke lima, i akhirnya berubah dari 1 ke 2, dan ketika i berubah, j akan kembali loop sampai habis. begitu terus sampai kondisi i bernilai false.


Kalau kalian masih bingung juga, aku jelasin prosesnya gini :

(for (i) ---> (for(j) --> kondisi j true --> ulangi for j ---> jika j sudah false) --> ulangi for i ) --> jika kondisi i false --> perulangan selesai.

jadi intinya for yang berada di dalam itu dieksekusi dulu sampai selesai, baru for yang berada di luar akan di eksekusi setelahnya.

 Kesimpulan

Yak kesimpulannya adalah nested loop ini biasa digunakan untuk array multidimensi, untuk membuat star pattern juga menggunakan nested loop. So, penting sekali kalian pahami bab ini guys. 
Kemudian untuk cara kerja nested loop ini akan mengeksekusi loop yang berada di dalam dulu, baru akan mengeksekusi loop yang ada di luar.

Yak seperti itu ya guys, semoga paham lah ya, kalau masih bingung bisa tanya aja di kolom komentar, intinya di coba aja dulu bereksperimen, coba coba lah terserah kalian. oh ya setelah ini aku pingin bahas star pattern, ini juga sangkut pautnya sama nested loop, apa itu star pattern, star pattern adalah kita buat program yang bisa mengeluarkan * berpola seperti ini misalnya :


*
**
***
****

Nah gitu gan, gampang ko itu pake nested loop juga, nanti kita bikin pola yang macem-macem, yang penting kalian terus pantengin update dari aku ya hoho, malam ini sampai sini dulu ya guys, selamat malam. Salam.
Pengulangan Bersarang Nested Loop Pada Java Pengulangan Bersarang Nested Loop Pada Java Reviewed by My Quotes10 on 10:30 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.