mengatasi error mysql ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock' (2)

Hola hola kali ini gue akan sharing tentang pengalaman pribadi gue nih, tadi gue kedapatan error saat running mysql gue dengan terminal, jika kalian menginstall mysql dengan lampp atau xampp nya linux maka kalian pasti akan menemui error seperti di bawah ini :


Nah errornya gitu ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock' (2)

setelah tak cari-cari /var/run/mysqld emang kagak ada, apa gue buat folder baru yah.. ternyata bukan itu dab, ternyata masalahnya ada di file my.cnf nya yang gk ada di folder etc. tapi ini juga gara-gara gue install lampp sih.

tapi ya sudah lah ya, yang penting kan gue udah punya solusinya, solusinya adalah dengan cara kita mengcopy file my.cnf yang ada di folder /opt/lampp/etc/my.cnf ke folder /etc/ gitu doang.

terus kita tinggal masuk ke mysql dengan kode biasanya sudo mysql -u root -p, wes ngunu tok dab.

masih belum jelas? baiklah gue jelasin step by step.

pertama kita masuk aja ke folder file system, cari folder opt terus cari file my.cnf di /opt/lampp/etc/my.cnf ketika udah kita klik kanan copy

langkah kedua adalah kita menuju ke folder /etc/ dalam directory file system, klik kanan pilih open as root kemudian muncul halaman /etc/ seperti ini :


langkah selanjutnya kita tinggal klik kanan dan paste, replace jika udah ada my.cnf lain

ketika udah maka langkah selanjutnya buka terminal agan, dan kita ketikkan aja perintah biasanya mysql -u root -p atau kita pake sudo di depannya sudo mysql -u root -p (jika pake password) jika tidak ya -p nya diilangin aja sudo mysql -u root

<!-adsense->
jika berhasil maka hasilnya seperti di bawah ini :


sampai disini jelas toh, pokoknya kayak itu dab silahkan di coba ya, demikian sedikit pengalaman pribadi yang kesulitan menghadapi error 2002 (hy000): cant connect to local mysql blablabla. Semoga bermanfaat yah


mengatasi error mysql ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock' (2) mengatasi error mysql ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock' (2) Reviewed by My Quotes10 on 1:38 pm Rating: 5

2 comments:

  1. punya gue yg kaya gini cuk "ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock' (111)" cara di atas gak work...

    ada cara lain...

    ReplyDelete
  2. punya gue yg kaya gini cuk "ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock' (111)" cara di atas gak work...

    ada cara lain...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.