jadilah seorang muslim yang berkualitas

Assalamu'alaikum sahabat quotes, sore ini saya akan bagi ilmu tentang islam.
ini merupakan kutipan dari pengajian menjelang berbuka puasa di masjid Gedhe Mataram Kotagede yang diisi oleh Bapak Drs. H. Darwinto Nawawi beliau adalah Ketua PC Muhammadiah Kotagede yang mengambil tema "pribadi muslim yang berkualitas".

Ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang muslim yang berkualitas :

1. Tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dalam menghadapi sebuah masalah.
"Dalam menjalani hidup pastilah kita dihadapkan masalah, masalah pribadi, masyarakat atau organisasi, tentunya kita tidak boleh tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu, kita harus berfikir kalau kita memutuskan ini apa dampaknya, positif atau negatif."
2. Merencanakan semua agenda
"Kita harus menulis semua agenda yang akan kita lakukan agenda jangka pendek, atau jangka panjang, kegiata-kegiatan apa saja yang akan kita lakukan kita tulis semua, dalam satu hari, satu pekan, satu bulan dan seterusnya itu di catat semua"
3. Membuat skala prioritas dari agenda yang sudah direncanakan
"Setelah membuat serangkaian kegiatan kita buat nih skala prioritas. skala prioritas itu maksudnya kita bagi-bagi kegiatan yang penting banget, penting, gak penting. hal ini dimaksudkan supaya kita tau kegiatan mana toh yang jadi fokus utama, mana toh yang gak penting sehingga waktu kita gak terbuang sia-sia"
4. Ikhlas dalam mengerjakan semua agenda
"Ikhlas itu opo toh? iklhlas itu ya ridho sama semua keputusan Allah. Setelah kita berusaha maksimal tapi Allah memutuskan A, ya itu keputusan A diterima dengan ridho"
5. Qolbun Salim
"Hati yang selamat, itu yang bagaimana kita itu kalau udah beramal lupakanlah dan kalau berbuat dosa ingat-ingatlah terus. supaya apa? supaya kita terus beramal baik terus, dan berharap tidak melakukan dosa lagi"
6. Cerdas secara emosi dan spiritual
"Cerdas secara emosi dimana kita bisa peka terhadap lingkungan sekitar, kita harus mempunyai sifat simpati terhadap orang lain yang tinggi, misal tolong menolong sesama, berbaur dengan masyarakat. Sedangkan cerdas spiritual itu yang bagaimana? kita bisa mempunyai kedekatan dengan Allah yang tinggi, misal kita memakmurkan masjid, menjalankan kewajibanNya dan mengerjakan sunah-sunah rosulullah SAW"


6 ciri-ciri tersebut haruslah ada dalam diri kita semua sehingga kita termasuk seorang muslim yang berkualitas. Sehingga mudah-mudahan kita bisa selamat dunia dan akherat.

demikian kutipan pengajian yang disampaikan Bapak Drs. H. Darwinto Nawawi semoga bermanfaat
wasalamu'alaikum warahmatullah


jadilah seorang muslim yang berkualitas jadilah seorang muslim yang berkualitas Reviewed by My Quotes10 on 2:47 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.